120 Ton Sampah Warga Kudus Tiap Hari Masuk ke TPA, Pemkab Siapkan Strategi Atasi Sampah yang Makin Menggunung

Kondisi sampah di TPA Tanjungrejo pada Senin, 22 April 2024. (NILA)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Dalam sehari, rata-rata ada sekitar 120 ton sampah warga Kudus yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

Bahkan dalam momen tertentu seperti lebaran, sampah yang dibuang ke TPA mencapai 150 ton, membuat gunungan sampah di TPA semakin tinggi tiap harinya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus, Abdul Halil saat ditemui di TPA Tanjungrejo pada Senin, 22 April 2024.

Bacaan Lainnya

“Selama lebaran tahun ini, sampah yang masuk ke TPA mengalami peningkatan sekitar 30 ton, dari hari biasa sekitar 120 ton, menjadi 150 ton setiap harinya,” kata Halil.

Menindaklanjuti kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mulai menyiapkan sejumlah strategi agar sampah di TPA seluas 5 hektar tersebut dapat teratasi.

Penjabat (Pj) Bupati Kudus Muhammad Hasan Chabibie langsung melakukan pengecekan terkait kondisi sampah di TPA Tanjungrejo hari ini.

Usai berkomunikasi dengan Kepala PKPLH, Sekda Kudus, hingga Kepala Dinas PUPR Kudus, pihaknya menyebut bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah di TPA.

Pertama, harus ada pengadaan alat berat seperti excavator hingga buldoser untuk mendorong serta merapikan sampah yang berceceran.

Dikarenakan alat berat milik Dinas PKPLH yang ada di TPA Tanjungrejo sedang rusak, excavator milik Dinas PUPR diminta untuk membantu mengatur sampah di TPA.

Baca :  Hartopo Kaget Ada ASN di Kudus Jadi Tersangka Kasus Penimbunan BBM