Aduan Jalan Rusak di Jateng Capai 1.016 Laporan

Ilustrasi . (Dok. Bina Marga)

SEMARANG, ZONANEWS.ID – Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mencatat setidaknya ada 1.016 aduan sepanjang 2022 yang dikirim masyarakat di aplikasi Jalan Cantik.

Sementara total telah ada 7.190 aduan di aplikasi tersebut. Dari jumlah itu, setidaknya 3.739 laporan telah selesai dikerjakan, 1.253 sedang proses, 133 laporan ditolak dan sisanya masih proses verifikasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jateng AR Hanung Triyono menjelaskan laporan berbasis aplikasi Jalan Cantik sebagai upaya mempercepat perbaikan jalan rusak di wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

Hanung mengatakan, sejak awal diluncurkan 28 Juni 2019 lalu tercatat 7.190 aduan

Dari aduan itu, 1.253 sedang dalam proses pengerjaan. Sementara, sebanyak 3.739 aduan jalan rusak telah selesai dikerjakan.

Dari jumlah itu, untuk tahun 2022 saja mencapai 1.016 laporan. Untuk laporan selesai dikerjakan sebanyak 418.

Laporan yang masih dalam proses pengerjaan 11 laporan dan ada 26 laporan ditolak, sementara sisanya masih proses verifikasi.

“Pelaporan atau keluhan masyarakat lewat Instagram, Facebook, bisa Laporgub, aplikasi Jalan Cantik, maupun langsung ke Pak Gub (Gubernur Jateng Ganjar Pranowo), itu banyak yang memanfaatkan kanal,” kata Hanung di ruang kerjanya di Semarang pada Jumat, 1 Juli 2022.

Untuk mempercepat proses tersebut, Hanung mengatakan setiap kanal pelaporan itu memiliki tenaga administrasi masing-masing yang siap menerima setiap aduan laporan.

Nantinya setiap laporan itu akan langsung dijawab atau dikerjakan oleh pihak terkait.

Baca :  Akhir Juli 2023, Pembangunan Fisik SIHT Kudus Seluas 3.6 Ha Dimulai

Tentunya setiap laporan itu telah disertai identitas pelapor, alamat lengkap serta foto titik kerusakan.