Akhir Juli 2023, Pembangunan Fisik SIHT Kudus Seluas 3.6 Ha Dimulai

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kabupaten Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati. (NILA)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Pembangunan Sentra Industri Hasil Tembakau (SIHT) di Kabupaten Kudus akan masuk tahap pembangunan pagar pembatas di akhir bulan Juli 2023 ini. Setidaknya lahan seluas 3,6 hektar tersebut akan diberi pembatas sebagai penanda akan dibangunnya SIHT di Desa Klaling, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengkonfirmasi hal tersebut. Menurutnya selain pembangunan pagar pembatas, juga akan dilakukan pembangunan talut di lokasi tersebut.

“Minggu terkahir Juli ini pembangunan pagar keliling SIHT dan pembangunan talut sesuai jadwal kami. Anggaran pembangunan pagar keliling dan talut ini sekitar Rp 2,6 miliar untuk luas lahan 3,6 hektar,” kata Rini, Senin 24 Juli 2023.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Rini menjelaskan bahwa laporan pendahuluan terkait master plan dan studi kelayakan sudah disiapkan. Termasuk sosialisasi dengan pihak desa dan warga sekitar terkait rencana pembangunan SIHT juga telah dilakukan.

Kepada warga yang terdampak dengan pembangunan SIHT, Rini memastikan tetap merelokasi mereka ke tempat yang strategis. Warung-warung yang sebelumnya berada di lahan pemerintah kabupaten yang akan dijadikan lokasi SIHT, awalnya akan direlokasi ke Utara SIHT.

Namun karena utara SIHT dinilai kurang strategis, Disnaker Kudus menyiapkan tempat relokasi di sisi selatan SIHT yang saat ini dijadikan tempat parkir Polres Kudus.

“Karena lokasi tersebut juga termasuk tanah Pemkab dan termasuk kawasan SIHT, jadi sepakat bahwa direlokasi ke sana (sisi selatan SIHT),” kata Rini.

Baca :  Tekan Angka Stunting, Kudus Adakan 694 Alat Antropometri Senilai Rp 7 Miliar