Aksi Bergizi, Seribu Pelajar Putri di Kudus Minum Tablet Tambah Darah Serentak

Ilustrasi. Aksi bergizi minum tablet tambah darah di Lapangan MAN 2 Kudus. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Seribu pelajar putri di Kabupaten Kudus serentak meminum tablet darah dalam rangka Aksi Bergizi, bertempat di Lapangan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus, Jumat, 25 Agustus 2023.

Aksi minum tablet darah sendiri dicanangkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus guna pembiasaan kepada remaja untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, termasuk dari kalangan pelajar.

Berdasarkan pantauan zonanews.id, para pelajar putri yang ikut Apel Pencanangan Aksi Bergizi, juga diberikan jus jambu untuk dikonsumsi terlebih dahulu sebelum meminum tablet tambah darah.

Bacaan Lainnya
Bupati Kudus Hartopo menyerahkan tablet tambah darah kepada pelajar putri di Lapangan MAN 2 Kudus. (MIA)

Gerakan aksi bergizi ini diikuti oleh pelajar putri dari MAN 2 Kudus sebanyak 600 pelajar, MTs N 1 Kudus sebanyak 200 pelajar, SMA N 2 Kudus sebanyak 100 pelajar, dan SMK 1 Kudus sebanyak 100 pelajar.

Bupati Kudus HM Hartopo yang memimpin Apel Pencanangan Aksi Bergizi, menyampaikan dalam sambutannya bahwa menjaga kesehatan diri itu penting dilakukan oleh masing-masing individu. Termasuk menjaga diri dari anemia.

“Kesehatan itu tidak ternilai harganya. Oleh karena itu, menjaga agar tubuh tetap sehat sangat penting. Bagi remaja putri, pencegahan anemia penting sampai nanti ketika menjadi ibu,” katanya.

Hartopo yang hadir bersama TP PKK Kudus, Mawar Hartopo menyatakan bahwa sosialisasi mengenai pencegahan stunting memang harus dilakukan sejak bangku sekolah. Sehingga pemenuhan gizi bisa dipantau sejak dini.

Baca :  Pemilu 2024 : Jumlah TPS di Kudus Berkurang, Ini Alasannya