Angkat Folklor Desa Tempur Jepara, Film Kinari Berhasil Menangkan Festival Folklore Muria 2023

Film "Kinari" diproduksi Ladamif films, peserta festival dari Jepara ini mengangkat cerita rakyat yang mengisahkan babad Desa Tempur berhasil menangkan Festival Folklore Muria 2023 (Foto: Syim)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Film berjudul “Kinari” yang mengangkat cerita folklor asal Desa Tempur Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara berhasil menjadi film terbaik dalam Festival Film Folklore Muria (F3M) 2023.

Hal ini diketahui usai panitia mengumumkan hasil penjurian dalam penganugerahan pemenang lomba F3M di Kampung Budaya Piji Wetan Kudus, Sabtu 26 Agustus 2023.

Film “Kinari” yang diproduksi oleh Ladamif films asal Jepara ini mengangkat cerita rakyat yang berkembang di desanya, yakni mengisahkan babad Desa Tempur.

Bacaan Lainnya

Adamifa selaku sutradara dan penulis naskah, menjelakan bahwa film Kinari itu menceritakan Desa Tempur yang berasal dari Kali Tempuran. Kali tersebut merupakan pertemuan dua arus yang digunakan untuk ritual mandi atau pembersihan jiwa raga para leluhur.

“Ada empat tokoh yang kemudian bertemu ki Sabrul, sebenarnya karakter aktor disana itu menunjukkan simbol-simbol empat tokoh tadi, Mbah Rajun, Mbah Romban dan dua lainnya,” kata Adamifa dalam sesi artis talk selepas screening film.

Kaitannya dengan pesan moral film tersebut, kata Adamifa, bahwa saat ini ritual mandi di Kali Tempuran sudah jarang dilakukan oleh masyarakat sekarang. Selain itu, film Kinari juga mengandung pesan untuk menjaga alam dan air di lingkungan sekitar.

Baca :  Agen Waswas Pembeli Lari ke LPG Subsidi : Mending Harga Disamakan