Antisipasi Banjir di Kudus, DPRD Fokus Normalisasi Sungai dan Siapkan Kolam Retensi

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kudus Rochim Sutopo. (Istimewa)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus sedang fokus mengantisipasi banjir di wilayah Kabupaten Kudus. Langkah yang dipilih dengan menormalisasi sungai hingga menyiapkan kolam retensi atau waduk penampungan air hujan.

Ketua Komisi C DPRD Kudus Rochim Sutopo mengungkapkan, koordinasi dengan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah sudah dilakukan.

Tidak lain membahan terkait penanganan banjir di sepanjang aliran sungai Jratunseluna dan Pemali Juana atas perintah dari Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Basuki Hadimuljono.

Bacaan Lainnya

“Menteri PUPR menginstruksikan akan memberikan dana sebesar Rp 1,5 Triliun sebagai langkah dalam menangani banjir yang ada di Kudus, ini sudah ada dalam masa kontrak dan lelang,” ungkap Rochim, Kamis 25 Agustus 2023 malam.

Lebih lanjut, Rochim menjelaskan, penanganan banjir di Kudus ditargetkan bisa tuntas dengan menormalisasi sungai di SWD 1, SWD 2, serta membangun kolam retensi.

Untuk kolam retensi sendiri, dikatakannya bahwa Dinas PUPR Kabupaten Kudus sedang mengajukan usulan anggaran sebesar Rp 50 miliar untuk pembebasan lahan sebagai permintaan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk menjadi lokasi kolam retensi.

Baca :  Prakiraan Cuaca Kudus 10 Oktober 2022 : Waspada Siang Hari Hujan