Antisipasi Dampak Elnino, Pemkab Kudus Gelar Apel Pasukan Siaga Karhutla

Mengantisipasi dampak Elnino di tahun 2023 ini, Pemkab Kudus bersama TNI/Polri menggelar apel pasukan bersama dalam rangka persiapan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kudus, Kamis 24 Agustus 2023. (Istimewa)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi Indonesia akan mengalami Elnino di tahun 2023. Adanya fenomena tersebut, menyebabkan kemarau panjang atau mundurnya musim penghujan yang dapat memicu kekeringan serta potensi kebakaran hutan dan lahan.

Mengantisipasi dampak dari Elnino, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus bersama unsur TNI/Polri serta stakeholder terkait menggelar apel gelar pasukan bersama dalam rangka persiapan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kudus.

“Apel ini bagian dari upaya kesiapan personel dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kudus,” ucap Hartopo saat pimpin apel gelar pasukan di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Kamis 24 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Hartopo berharap adanya tim yang selalu siaga mengantisipasi adanya kebakaran di Kudus. Terutama di hutan, lahan pertanian, dan pemukiman di Kudus.

“Karena buang putung rokok saja bisa membuat kebakaran di saat musim kemarau ini. Maka harapan kami, ini ada tim yang akan bisa mengantisipasi kebakaran di Kudus,” terang Hartopo.

Baca :  Kaya Tradisi, Lokasi Petilasan Gadjah Mada di Kudus Jadi Kampung Adat