Atasi Bencana Tahunan di Kudus, Pemkab Didesak Rochim Sutopo Serius Laksanakan Mitigasi

Ketua Komisi C DPRD Kudus, Rochim Sutopo saat memberikan sambutannya dalam Pelatihan Peran Media Massa dalam Pentahelix Penanggulangan Bencana yang berlangsung di Hotel @Hom Kudus pada Rabu, 3 Juli 2024. (ZONANEWS.ID)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus, Rochim Sutopo mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus serius dalam upaya mitigasi bencana yang hampir tiap tahun terjadi di wilayah Kota Kretek. Baik itu bencana banjir, tanah longsor, gempa bumi, hingga angin puting beliung.

Upaya itu pun dikatakan Rochim harus melibatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kudus ditambah alat penunjang yang representatif.

“Untuk mencegah dan bersiap dalam menghadapi peristiwa kebencanaan, Pemkab Kudus harus melakukan mitigasi secara berkala,” kata Rochim dalam Pelatihan Peran Media Massa dalam Pentahelix Penanggulangan Bencana yang berlangsung di Hotel @Hom Kudus pada Rabu, 3 Juli 2024.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan, penanggulangan dan penanganan bencana tidak bisa dilakukan oleh Pemkab Kudus melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) semata, namun juga harus melibatkan peran DPRD, masyarakat, hingga media massa.

Untuk itu, sinergi pemerintah dan jurnalis dikatakan Rochim harus selalu dijaga dengan baik dalam upaya tersebut.

“Upaya penanggulangan bencana itu pun bisa ditularkan langsung kepada masyarakat lebih luas,” pinta politikus Partai Amanat Nasional ini kepada awak media yang ahadir dalam kegiatan tersebut.

Selama ini, Rochim melanjutkan, peran BPBD sangat diperlukan dalam penanggulangan bencana mulai dari mitigasi hingga penanganan ketika terjadi bencana.

Agar bencana tidak kembali terjadi di tahun-tahun berikutnya, dirinya mengharapkan Pemkab Kudus lebih cepat dalam memberikan solusi pencegahan agar bencana tidak berulang-ulang terjadi di Kudus.

Baca :  Pengajuan Pernikahan Dini di Kudus Capai Ratusan Kasus Tiap Tahun, Ini Sebabnya

“Respons pemerintah daerah harus lebih cepat menghadirkan solusi pencegahan, supaya bencana tidak terjadi berulang-ulang di Kudus,” tegasnya.

Di sisi lain, Rochim menyebut, peran DPRD Kudus dalam penanganan bencana banjir sudah dilakukan. Salah satunya dengan mengusulkan, mengajukan, dan mengawal proyek dari Pemerintah Pusat berupa pembuatan kolam retensi pengendali banjir.