Bekali Tata Kelola Profesional, Muhammadiyah Siapkan Program Akademi Marbot Masjid

Workshop Nasional Pengembangan Ekonomi Cabang, Ranting dan Masjid Muhammadiyah di Kudus. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Lembaga Pengembangan Cabang, Ranting dan Masjid Muhammadiyah (LPCRM) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyiapkan program akademi marbot untuk mendorong pengelolaan masjid agar makmur dan memakmurkan lingkungan.

Ketua LPCRM PP Muhammadiyah, Muhamad Jamaludin Ahmad mengungkapkan, hanya sedikit masjid yang dikelola dengan profesional. Dimana masjid tersebut sudah mandiri dalam pendanaan, dan bisa menggaji pegawainya termasuk imam dan marbot.

Akademi marbot masjid, kata Jamal, akan menjadi program perdana di PP Muhammadiyah untuk membentuk masjid yang makmur memakmurkan. Program ini akan dilakukan mulai Juni 2024 mendatang, dengan melatih 10 masjid di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Angkatan pertama nanti 10 orang, terdiri dari 50 peserta yang mana masing-masing masjid itu ada 5 peserta,” katanya, Jumat, 10 Mei 2024.

Adapun marbot yang diberikan kesempatan untuk mengikuti akademi, yakni yang bertugas di masjid yang sudah mapan secara finansial. Seperti masjid rumah sakit atau kas yang tergolong mapan. Sehingga, pengelolaannya bisa dilakukan dengan profesional.

Baca :  Heboh, Warga Kudus Temukan Kerangka Manusia di Dekat Rawa