Cegah Gangguan Kelistrikan, IKATEMI Pati Edukasi Elektromedis di Rumah Sakit Penjuru Indonesia

Workshop Nasional IKATEMI Pati di Hotel @Hom, Kudus. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Elektromedis Indonesia (IKATEMI) Pati menyelenggarakan Workshop Nasional berkaitan dengan Sistem Kelistrikan di Rumah Sakit dan Pengaruhnya bagi Alat Kesehatan.

Workshop nasional digelar secara offline dan online, yang diikuti oleh sebanyak 192 peserta dari tenaga elektromedis, elektrolistrik, dan management rumah sakit dari Sabang sampai Merauke, bertempat di Hotel @HOM, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu, 23 Juli 2023.

Ketua DPC IKATEMI Pati, Muhammad Lukman Hakim menjelaskan, kegiatan workshop nasional ini diikuti oleh 63 peserta offline dan 129 online. Mereka yang ikut berasal dari rumah sakit di penjuru Indonesia, bahkan beberapa peserta offline ada yang hadir dari luar Jawa.

Bacaan Lainnya

“Elektromedis setiap tahun itu diupgrade seperti handphone, naik level. Kalau ilmunya itu-itu aja ya kita kurang. Semakin teknologi berkembang, maka kita adakan pelatihan agar tenaga (SDM) kita ilmunya bertambah,” ujarnya.

Menurutnya, sistem kelistrikan memiliki peran yang penting terhadap alat kesehatan. Oleh sebab itu, penting pula untuk mengetahui daya atau kemampuan yang seharusnya dibutuhkan oleh alat-alat kesehatan tertentu.

“Alat kesehatan itu kelistrikannya harus sesuai, kemudian nanti saumpama listrik mati, UPS juga harus siap sedia. Kekuatan UPS kita berapa, karena alat besar seperti CT-Scan atau MRI itu butuh tegangan yang cukup,” katanya.

Ketua Panitia Workshop Nasional, Riati Hangayomi menambahkan, tujuan digelarnya kegiatan semacam ini yakni untuk menambah pengetahuan atau transfer konwledge, sekaligus sebagai ajang silaturrahmi oleh para tenaga elektromedis di Indonesia.

Baca :  Nginep di Hotel, Pria di Kudus Ditemukan Tewas