Cegah Pungli PPDB, Satgas Saber Pungli Kudus Kumpulkan Kepala SD dan SMP

Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar PPDB di Kabupaten Kudus. (Istimewa)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kudus mengumpulkan kepala SD dan SMP guna mensosialisasi pencegahan pungutan liar dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Jumat, 21 Juni 2024.

Sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Ketua Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Kudus, Kompol Satya Adi Nugraha, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora), Harjuna Widada, serta puluhan kepala SD dan SMP di Kudus.

“Sosialisasi ini kita gelar menindaklanjuti Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2024 tentang Pencegahan Korupsi dan Pengendalian Gratifikasi dalam Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB),” kata Kompol Satya Adi Nugraha, yang juga merupakan Wakapolres Kudus.

Bacaan Lainnya

Pihaknya menekankan, agar seluruh sekolah yang menggelar PPDB bisa menjaga integritas dan transparansi pada proses PPDB, serta mencegah terjadinya praktik korupsi dan penyalahgunaan wewenang dalam setiap tahapan PPDB.

“Jangan memanfaatkan pelaksanaan PPDB untuk melakukan tindakan koruptif dan tindakan yang menimbulkan konflik kepentingan, bertentangan dengan peraturan dan risiko sanksi pidana,” tandasnya.

Sekretaris Inspektorat sekaligus Sekretaris Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Kudus, Hermawan menambahkan, kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah antisipasi untuk mencegah hal-hal yang berbau pungli dan gratifikasi terkait PPDB.

Baca :  Buat Resah Karna Pamer Alat Kelamin di Jalan Raya Kudus, Pria Bermobil Diamankan Polisi