CFD Kudus Dibuka Kembali Usai Libur Dua Bulan, Suasana Masih Lenggang

Suasana CFD di Kabupaten Kudus. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Car Free Day (CFD) di Kabupaten Kudus kembali dibuka mulai pagi ini, Minggu, 5 April 2024, usai sebelumnya diliburkan selama dua bulan sejak 1 Maret 2024 lalu lantaran persiapan Ramadan.

Berdasarkan pantauan di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus, sejumlah warga nampak melakukan aktivitas olahraga, namun tidak cukup ramai seperti hari-hari CFD sebelumnya.

Begitupun di area Pedagang Kaki Lima (PKL) CFD di sepanjang Jalan Ahmad Yani dan Jalan Ramelan, suasananya juga belum cukup ramai. Namun, aktivitas jual beli masih nampak lancar.

Bacaan Lainnya

Salah satu PKL CFD di Jalan Ramelan, Sudarmaji mengatakan bahwa suasana CFD memang tidak cukup ramai pada hari pertama pembukaan usai libur ramadan dan lebaran.

“Tidak begitu ramai yang beraktivitas ini, mungkin perdana kali ya,” katanya, Minggu, 5 Mei 2024.

Kendati demikian, Sudarmaji yang menjajakan minuman cokelat itu, mengaku bahwa penjualan hari pertama pembukaan cukup banyak. Terlebih, banyak pelanggannya yang datang CFD hari ini.

PKL CFD yang berjualan juga nampak cukup padat. Sudarmaji membeberkan bahwa hari perdana pembukaan ini, juga sekaligus untuk absensi kepada petugas Dinas Perdagangan.

“Yang jualan hari pertama ini termasuk lengkap karena kan absen baru setelah libur panjang, kalau tidak berangkat takutnya di coret (dari daftar PKL CFD),” tuturnya.

Di sisi lain, sebelumnya telah disampaikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus, Catur Sulistiyanto, bahwa pelaksanaan CFD di Alun-alun Simpang Tujuh kembali diadakan mulai 5 Mei 2024.

Baca :  Permudah Pelaku UMKM Kudus, Pegadaian Sediakan KUR Syariah dengan Bunga 3 Persen Pertahun

“Sesuai dengan nota dinas yang sudah didisposisi PJ Bupati,” katanya.

CFD sempat ditiadakan sementara lantaran tengah diselenggarakan Tradisi Dandangan yang berlangsung pada 1-10 Maret 2024 lalu di sepanjang Jalan Sunan Kudus, Jalan Kyai Telingsing dan Jalan Menara dengan melibatkan sebagian dari pedagang anggota CFD.

CFD juga masih diliburkan karena setelah Tradisi Dandangan Tahun 2024, berlanjut kedatangan Bulan Ramadan 1445 Hijriyah atau Bulan Puasa. Sehingga, kegiatan CFD ditetapkan libur sejak tanggal 3 Maret-28 April 2024.

Untuk diketahui, kegiatan CFD sendiri berlangsung setiap minggu pagi, bertempat di kawasan Alun-alun Simpang Tujuh, sepanjang Jalan Ahmad Yani, dan sepanjang Jalan Ramelan. Pelaksanaannya sendiri mulai pukul 06.00-09.00 WIB. ***