Diduga Ada Kongkalikong Lelang Proyek, Ratusan Warga Kudus Turun Kejalan

Ratusan warga nampak berunjukrasa di depan kantor Bupati Kudus. (FOTO : ISTIMEWA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Ratusan masa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah turun kejalanan untuk meminta ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mengusut tuntas dugaan adanya kongkalikong lelang proyek.

Ratusan masa tersebut serempak berkumpul di depan air mancur Pendapa Kabupaten Kudus, Kamis, 3 Agustus 2023 pagi tadi dengan membawa berbagai macam poster yang bertuliskan ‘usut tuntas..!! Perusahaan yang memonopoli kerjakan lebih dari 5 judul dan titik pekerjaan’.

Selanjutnya, ‘Pejabat Rakus’ hingga Koper bertuliskan ‘Setoran Fee 15 Persen’. Ada juga tulisan yang menginkan ‘Bongkar atas dugaan Kongkalikong dalam penetapan pemenang tender pada proyek pekerjaan di Dinas Kesehatan’.

Bacaan Lainnya

Aksi massa tersebut dilakukan terkait adanya dugaan kongkalikong lelang proyek yang terjadi dalam proses pengadaan barang jasa di Kabupaten Kudus.

Achmad Fikri Koordinator aksi yang juga Ketua LSM LePasP mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kudus saat ini seperti tahun tahun sebelumnya sedang menfokuskan pembangunan infrastruktur terutama pada sektor pendidikan, sektor kesehatan dan infrastruktur yang lain,

Namun sayang, niat baik pemerintah tidaklah sesuai dengan yang diharapkan.

“Setidaknya dalam pelaksanaan kegiatan fisik tahun sebelumnya dapat menjadi referensi, dalam perjalananya kami menduga banyak modus penyelewengan yang berlangsung dalam lelang online telah terjadi hampir di semua tahapan,” ujarnya dalam keterangan tertulis pernyataan sikap yang diterima wartawan, di sela-sela demo.

Baca :  Peran PGEO dalam Energi Bersih dan Berkelanjutan