Dinas Arpusda Kudus Distribusikan Buku Bacaan untuk Rintisan Perpusdes Rahtawu

Kepala Dinas Arpusda Kudus Samani Intakoris mendistribusikan hibah buku untuk rintisan perpusdes di Desa Rahtawu. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Kudus mulai mendistribusikan hibah buku-buku bacaan ke wilayah pinggiran yang berbatasan dengan kabupaten lain.

Kali ini, pendistribusian buku dilakukan di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Jepara. Kendati desa setempat masih dalam proses perintisan adanya Perpustakaan Desa (Perpudes).

Kepala Dinas Arpusda Kudus Samani Intakoris menuturkan, program ini merupakan wujud program hinterland literasi Dinas Arpusda untuk meningkatkan literasi di Kudus. Khususnya di daerah pinggiran kota.

Bacaan Lainnya

”Hari ini kami membawa sebanyak lima puluh buku yang merupakan hibah dari masyarakat. Kemudian ini kami distribusikan lagi kepada masyarakat sehingga manfaat untuk sekitar bisa semakin nyata,” ucap, Selasa, 22 Agustus 2023.

Samani melanjutkan, program hinterland literasi nantinya tidak akan berhenti pada pendistribusian buku-buku bacaan saja. Namun, akan ditindaklanjuti juga dengan kegiatan monitoring.

Hal itu dilakukan untuk memantau bagaimana dampak setelah adanya hibah buku tersebut, utamanya dalam peningkatan literasi masyarakat di Desa Rahtawu. Untuk kemudian, bisa menjadi tolak ukur kebijakan Dinas Arpusda selanjutnya.

Baca :  Dua Siswa SMPK Kudus Raih Medali Perunggu OSN Matematika Tingkat Nasional