Dinas Temukan Sejumlah Pelaku Usaha di Kudus Punya NIB Tapi Tak Ada Objek Usahanya

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) sekaligus Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Harso Widodo. (NILA)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS) Kabupaten Kudus menemukan sejumlah pelaku usaha di Kudus sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) namun tidak ditemukan objek usahanya.

Kepala DPMPTS Kabupaten Kudus Harso Widodo mengungkapkan, ada sebanyak 7 usaha yang diketahui telah memiliki NIB namun saat dicek ke alamat bersangkutan, tidak ditemukan objek usahanya.

“Dari 7 yang ditemukan, ada di Desa Jati Kulon, Karangbener, Margorejo, Prambatan Kidul, Loram Wetan, dan Kelurahan Megawon serta Kelurahan Wergu Kulon,” jelas Harso, Selasa 29 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Para pelaku usaha tersebut, lanjut Harso, merupakan usaha yang bergerak di sektor perindustrian, pertanian, hingga perdagangan. Serta termasuk pelaku usaha skala kecil dan mikro.

Harso menjelaskan, kecendrungan pelaku usaha skala menengah dan besar lebih tertib dalam mencukupi segala persyaratan dasar hingga Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PB UMKU).

Sedangkan pelaku usaha mikro dan kecil, biasanya hanya sebatas mengurus NIB saja. Sehingga ketika NIB keluar, para pelaku usaha merasa semuanya sudah cukup.

“Ini yang menjadi kewajiban kami, bagian dari fungsi kami dalam rangka meningkatkan investasi dan meningkatkan pengembangan usaha di Kudus, kewajiban kami melaksanakan pengawasan, dalam arti pembinaan agar mereka (pelaku usaha) tertib secara administrasi, mereka tertib dalam pelaksanaan kegiatan sesuai regulasi yang sebenarnya,” ungkap Harso.

Pengawasan yang dilakukan DPMPTS, jelas Harso karena para pelaku usaha telah mendaftarkan usahanya di OSS-RBA (Online Single Submission Risk Based Approach). Sehingga sudah menjadi kewajiban dinas terkait untuk mengecek kebenaran data para pelaku usaha yang telah dilaporkan.

Baca :  Kunjungi KBPW, Dinarpus Siap Berkolaborasi untuk Pengembangan Literasi dan Pengarsipan Seni di Kudus