Disdikpora Kudus Pantau PPDB di SMP 2 Kaliwungu

Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Disdikpora Kudus, Zubaidi, melihat proses verifikasi pendaftaran di SMP 2 Kaliwungu (Foto : Rahayu)

Kudus, zonanews.id – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar Zubaidi, meninjau pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP 2 Kaliwungu, Selasa (21/6/2022).

Dari pantauan media zonanews.id, terlihat satu siswa yang didampingi orang tuanya mengalami kendala verifikasi saat melakukan pendaftaran di SMP 2 Kaliwungu.

Mengetahui hal tersebut, Zubaidi menjelaskan, jika dalam PPDB jalur zonasi memang sering terjadi kendala.

Bacaan Lainnya

Adapun kendala yang dialami, seperti permasalahan Kartu Keluarga (KK) yang tidak sesuai dengan syarat pendaftaran ataupun titik koordinat.

“Untuk verifikasi sendiri, memang harus datang ke sekolah. Sebab permasalahan kebanyakan itu ada KK yang diupload tidak sesuai. Entah itu perpindahan atau perubahan data,” katanya.

Menurut Zubaidi, kendala seperti itu sering terjadi lantaran dalam KK sendiri selalu ada perubahan, tetapi tidak disertai dengan adanya keterangan.

“Setiap pendaftar juga bisa verifikasi ke sekolah yang dituju untuk meminta pembinaan dan bantuan,” jelasnya.

Zubaidi mengimbau, pihak sekolah bisa membantu bila siswanya mengalami kesulitan tersebut. Yaitu, dengan cara mengecek langsung melalui link yang tersambung dengan Disdukcapil Kudus.

“Kami sudah koordinasi dengan Disdukcapil. Untuk membantu memperlancar,” imbuhnya.

Baca :  Lewat Kejuaraan Klub Mitra, PB Djarum Berupaya Tingkatkan Kompetensi Atlet Muda