DKP Pati Upayakan Tingkatkan Harga Jual Garam Petani

Petani garam di Desa Lengkong, Batangan, Kabupaten Pati. (Foto: Website Desa Lengkong)

Pati, zonanews.id – Kabupaten Pati masih menjadi wilayah penghasil garam terbesar di Jawa Tengah, bahkan nomor 4 di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (Pugar) pada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati Ari Wibowo, Selasa (21/6/2022).

“Tahun 2021 kita (Pati) nomor empat se-Indonesia. Karena sekarang sudah banyak lahan yang digarap untuk petambak garam. Tapi untuk di Jawa Tengah, Pati masih di posisi nomor satu,” katanya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, jelas Ari sampai saat ini luas lahan tambak garam di Kabupaten Pati mecapai 2.901,62 hektar. Hingga pada tahun 2021 Pati mampu menghasilkan 98.212 ton garam. Capaian ini dikatakannya masih jauh dari targetnya, yakni 250.000 ton.

“Tahun 2021 lalu kita terkendala musim, cuaca. Tahun 2022 ini semoga bisa mencapai target, didukung dengan cuaca yang bagus. Untuk targetnya capaian tahun ini, masih sama dengan tahun lalu,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengungkapkan setidaknya ada 4 kecamatan dengan 21 desa di Pati yang masyarakatnya bekerja sebagai petani garam.

Mereka tersebar di Kecamatan Batangan, Kecamatan Juwana, Kecamatan Wedarijaksa, dan Kecamatan Trangkil.

Baca :  Pemprov Jawa Tengah Terima Dua Penghargaan dari BPKP