Duta GenRe Emban Tugas Penting Edukasi Pernikahan Dini dan Cegah Stunting di Kudus

Ilustrasi. Pemilihan Duta GenRe di Kabupaten Kudus tahun 2022. (Istimewa)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Pelaksanaan seleksi Duta GenRe (Generasi Berencana) Tahun 2023 di Kabupaten Kudus mulai berlangsung pada tahap pendaftaran peserta. Ajang pemilihan bergengsi tingkat daerah ini selalu mendapatkan perhatian dari masyarakat, khusunya kaula muda.

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Kudus yang menjadi leading sektor pelaksanaan seleksi membeberkan tugas penting yang akan diemban oleh Duta GenRe.

Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana pada Dinsos P3AP2KB, Nasiban menyebut, Duta GenRe harus memiliki public speaking yang bagus, sebab mereka akan menjadi educator pentingnya merencanakan sebuah keluarga sebelum menikah.

Bacaan Lainnya

“Dia (Duta GenRe) punya kelebihan untuk mengedukasi masyarakat untuk merencanakan keluarga, khususnya agar di dalam keluarga tersebut tidak muncul adanya stunting,” ujarnya.

Duta GenRe yang dipilih dari kalangan kaula muda ini nantinya akan memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya muda-mudi di Kudus untuk merencakan sebuah keluarga dengan matang. Tentunya, mengedukasi agar tidak terjadi pernikahan dini.

Sebab, dalam misinya, Duta GenRe juga mengemban tugas agar menekan angka terjadinya stunting di Kabupaten Kudus. Sementara salah satu faktor penyebab stunting adalah dari pernikahan dini itu sendiri.

Baca :  Mahasiswa KKN UMK Meninggal saat Jalankan Proklim di Desa Samirejo