Festival Sewu Kupat Muria 2024 Dibanjiri Puluhan Gunungan Ketupat dan Lautan Manusia

Festival Sewu Kupat Muria 2024 di Taman Ria Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Festival Sewu Kupat Muria Tahun 2024 sukses terselenggara di Taman Ria Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Rabu, 17 April 2024. Lautan manusia membanjiri lokasi finish kirab gunungan ketupat dan turut memeriahkan acara hingga rampung.

Sedikitnya ada 23 gunungan ketupat dan lepet yang dihadirkan dalam festival kali ini. 5 gunungan diantaranya merupakan persembahan dari warga dan Pemerintah Desa Colo. Sementara 17 gunungan lainnya dari 17 desa tetangga di Kecamatan Dawe yang turut berpartisipasi.

Sebelumnya, puluhan gunungan tersebut didoakan terlebih dahulu di Makam Sunan Muria sekaligus mengalap berkah dari sunan. Kemudian, diarak sepanjang 300 meter dari Makam Sunan Muria menuju Taman Ria Desa Colo.

Bacaan Lainnya

Sejumlah pejabat nampak hadir dalam festival, mulai dari Penjabat (Pj) Bupati Kudus M Hasan Chabibie, Anggota DPR RI yang juga penggagas Tradisi Sewu Kupat Mustofa, Ketua DPRD Kudus Masan, Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto, hingga Dandim 0722/Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo.

Pj Bupati Kudus, M Hasan Chabibie dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap warga Desa Colo dan desa lainnya se-Kecamatan Dawe yang telah sukses menyelenggarakan Festival Sewu Kupat Muria 2024.

Ini mengingat bahwa tradisi tersebut sempat vakum beberapa tahun. Sehingga, tradisi yang telah diwariskan oleh Sunan Muria ini akhirnya bisa dilaksanakan kembali dan masyarakat bisa mendapatkan berkah dari Sunan Muria.

Baca :  Simak! Tarif Parkir di Kudus Naik Per 1 Mei 2024