Finalis Duta Bahas Jawa Tengah dari Kudus, Gagas Ruang Sastra Digital

Tyo Ardianto (19) mahasiswa Fakultas Filsafat UGM (Kanan) Hesty N. Tyas Mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya UGM (Kiri) (Foto : Istimewa)

Kudus – Pemuda asal Kabupaten Kudus menjadi salah satu finalis Duta Bahasa Jawa Tengah 2022. Berkat gagasannya membuat ruang karya sastra digital Se-jateng dalam bentuk website.

Pemuda yang juga penyair tersebut bernama Tiyo Ardianto (19). Ia menceritakan, tentang prosesnya menjadi finalis Duta Bahasa Jawa Tengah 2022 yang sangat selektif itu.

“Ya, saya sejak satu tahun lalu sudah diberi amanah spirituil dari Mukti Sutarman Espe untuk turut dalam ajang Duta Bahasa Jawa Tengah. Tapi, waktu itu, usia saya masih 17, jadi, belum boleh. Ketika tahu pendaftaran tahun ini dibuka, saya segera saja menyiapkan apa yang diperlukan untuk mendaftar,” katanya sumringah.

Bacaan Lainnya

Selepas itu, Tiyo mantap untuk mendaftarkan diri dan melakukan tes uji kemahiran berbahasa indonesia (UKBI).

Aku lolos seleksi administrasi. Aku lolos wawancara. Aku lolos psikotes. Sampai selama dua bulan ada pembekalan daring,” tambahnya.

Dia pun mendapatkan pembekalan selama dua hari di IT Telkim Purwokerto, tepatnya pada 17-18 Mei 2022. Sampai akhirnga dia masuk dalam Final Raya di Universitas Pekalongan dan mendapatkan gelar juara predikat II.

“Aku pulang dengan predikat Pemenang II,” tandas Tyo.

Baca :  Sukun U17 League : Sundulan Dhova A.F Antarkan PS Porma Unggul 2-0 Lawan Putra GM