Ganjar Minta Desa Perkuat Ketahanan Pangan dengan Inovasi

Ganjar meminta Desa perkuat ketahanan pangan dengan melakukan berbagai inovasi./Istimewa

SEMARANG, zonanews.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap seluruh kepala desa dan perangkat desa untuk dapat menjaga ketahanan pangan di level desa.

Hal ini menjadi salah satu langkah penting selain terus berinovasi dalam menghadapi tantangan masa depan.

Menurut Ganjar, selama pandemi telah banyak inovasi yang lahir di desa-desa. Misalnya ojek online (ojol) desa, aplikasi-aplikasi baru yang kreatif dan inovatif. Juga bagaimana mempertahankan pangan di tengah situasi dunia yang terus bergerak.

Bacaan Lainnya

“Kalau desa ini kuat, dijaga betul oleh kawan-kawan kades atau perangkat desa, kawan-kawan dari PAPDESI ini, menurut saya ini akan menjadi bagian kita untuk menjaga ketahanan di tengah geopolitik yang nanti bergerak. Maka sudah banyaklah pengalaman kades-kades itu bagaimana memberdayakan pekarangan, makanan alternatif, terus kemudian diversifikasi pangan. Itu menurut saya bagus,” kata Ganjar saat memberikan arahan dalam pembukaan Rakernas PAPDESI di MG Suites Hotel, Kota Semarang, Minggu (5/6/2022).

Ganjar mengatakan pengalaman yang dimiliki setiap desa itu sudah seharusnya dibagikan ke yang lain. Maka dalam rakernas yang dihadiri oleh anggota PAPDESI seluruh Indonesia, baik luring maupun daring, tersebut diharapkan menjadi momentum menyiapkan diri untuk berkolaborasi dan bertahan.

Baca :  Jaga Kualitas Sablon, Dipo Print Kudus Pakai Tinta Original dari Jepang