Harga Bawang Merah di Kudus Tembus Rp 65 Ribu

Salah satu pedagang bawang merah di Pasar Bitingan (Foto : ZONANEWS.ID)

Kudus, zonanews.id – Harga bawang merah meroket hingga dua kali lipat. Kenaikan harga bawang merah ini pun dikeluhkan beberapa pedagang dan pembeli pasar tradisional Kliwon dan Bitingan Kudus, Kamis (09/06/2022).

Fathonah (53 tahun) pedagang sayur di Pasar Tradisional Bitingan, mengungkapkan kenaikan harga yang cukup drastis berlaku dalam waktu singkat. Kenaikan drastis harga bawang merah sudah mulai dua pekan lalu.

Ia pun menceritaka, awalnya setelah Lebaran Fathonah mendapat harga bawang merah berkualitas super seharga Rp 20 ribu – Rp 25 ribu per kilogramnya. Setelah itu terus naik hingga menyentuh angka Rp 65 ribu per kilogramnya.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, bawang merah tersebut merupakan jenis bawang merah super dengan kualitas yang terbagus.

“Karena harganya mahal jadi tidak laku, Mas. Kadang-kadang sampai pada busuk. Repot saya mas. Langganan yang tadinya beli satu kilo sekarang setengah kilo,” keluhnya.

Naiknya harga bawang yang menjadi dua kali lipat tersebut membuat para pedagang kebingungan karena pemasukan terus menurun.

Hal yang sama juga ungkapkan Nur Hidayanti (52 tahun) pedagang sayur di Pasar Kliwon. Harga bawang merah naik secara signifikan. Dari yang sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram, saat ini mampu menyentuh angka Rp 60 ribu.

Baca :  Lampaui Target, Bea Cukai Kudus Himpun Penerimaan Negara Rp 40,2 Triliun di 2023