Harga Cabai Meroket, Disdag Kudus Sebut Faktor Cuaca

Pedagang cabai di Pasar Tradisional Kudus (foto : cwo)

Kudus, zonanews.id – Harga cabai di Kabupaten Kudus mengalami kenaikan yang signifikan. Harga cabai keriting di pasar tradisional Kudus diketahui tembus hingga Rp70 ribu per kilogram.

Kabid Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen pada Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Kudus, Imam Prayitno, menyebut, harga cabai keriting saat kondisi normal berkisar di angka Rp25 ribu sampai Rp30 ribu per kilogram.

Pihaknya mengungkapkan, kenaikan harga cabai keriting hingga dua kali lipat ini, imbas dari faktor cuaca yang tidak menentu. Banyak petani cabai di Kudus yang mengalami gagal panen karena sawah terendam air.

Bacaan Lainnya

“Karena situsi saat ini hujan tidak hujan tidak. Sedangkan di lapangan seperti Desa Jojo, Kecamatan Mejobo saja kalau pas banjir langsung kelem (terendam air, red),” katanya saat di telepon zonanews.id, Senin, 27 Juni 2022.

Saat ini, kebutuhan cabai keriting bagi para tengkulak di Pasar Tradisional juga mengalami penurunan. Imam merinci, kebutuhan cabai keriting di Pasar Kudus saat ini kurang lebih 20 ton per minggu. Jumlah tersebut turun sekitar 20 ton dari kebutuhan saat kondisi cabai di Kudus normal.

Baca :  Tarung di Kandang, Persiku Ditahan Imbang 1-1 Lawan PSDB Demak