Hartopo dan Mawar Serasi Kenakan Busana Adat Aceh di HUT ke-78 RI di Kabupaten Kudus

Bupati Kudus HM Hartopo dan Mawar Hartopo terlihat serasi mengenakan busana adat Aceh saat mengikuti serangkaian upacara HUT ke-78 RI di Kabupaten Kudus. (NILA)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Bupati Kudus HM Hartopo bersama sang istri yang sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Kudus Mawar Hartopo terlihat serasi mengenakan busana adat Aceh di peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia yang berlangsung di Alun-alun Simpang 7 Kudus, Kamis 17 Agustus 2023.

Dalam acara yang dimulai sekitar pukul 07.30 WIB tersebut, sejumlah tamu undangan terlihat mengenakan busana adat dari seluruh penjuru Indonesia. Seperti busana adat Lampung, Bali, Jawa, hingga Papua.

Mengenakan busana adat yang berbeda ini, dikatakan Hartopo sebagai bentuk persatuan seluruh masyarakat Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Kita walaupun berbeda, tetap satu. Berbeda pakaian, budaya, berbeda bahasa, tapi tetap satu karena kebhinekaan itu,” kata Hartopo selepas upacara pagi ini.

Mengenakan busana adat ini pun dikatakan Hartopo tidak lepas dari rasa nasionalisme yang selalu dijunjung Presiden Indonesia selama ini. Terlebih saat peringatan HUT RI di Istana Merdeka setiap tahunnya, para tamu undangan kompak mengenakan busana adat dari seluruh penjuru Indonesia, termasuk Presiden dan Wakil Presiden.

Baca :  93 Pelajar se-Jateng Adu Cermat Ikuti Muria Kudus Mathematics Competition di UMK