Hingga April 2024, Dua OPD di Kudus Kena Audit Inspektorat

Kantor Inspektorat Kabupaten Kudus. (NILA)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Kepala Inspektorat Kabupaten Kudus, Eko Djumartono mengungkapkan, selama tahun 2024, Inspektorat Kudus telah melakukan audit kepada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kudus. Setidaknya, ada 2 OPD yang kena audit Inspektorat hingga April 2024, bahkan ada yang harus memulihkan aset.

Eko menjelaskan, audit pada 2 OPD yang tidak disebutkannya itu berawal dari pengaduan masyarakat. Kasus pertama telah dilaporkan pada bulan Januari, kemudian kasus kedua dilaporkan pada bulan Februari 2024.

“Untuk laporan pertama sudah kami selesaikan, hasilnya ada pemulihan aset. Lalu untuk laporan kedua, saat ini masih proses. Targetnya bisa selesai bulan ini,” kata Eko pada Kamis, 18 April 2024.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan bahwa kedua permasalahan yang ada di 2 OPD tersebut berhubungan dengan pekerjaan fisik atau infrastruktur. Namun untuk detail permasalahannya, Eko menutup rapat informasinya.

Meski demikian, dalam melakukan audit terhadap OPD yang bermasalah, Inspektorat Kudus selalu berkomunikasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Di mana metode pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat maupun BPK sama, dengan obyek pemeriksaan yang berbeda.

“Waktu audit kami berbeda, obyek pemeriksaan juga beda. Tapi untuk metodenya kami samakan,” ujar Kepala Inspektorat Kudus.

Baca :  Momentum Hari Santri, Lesbumi Ajak Santri di Kudus Ekspresikan Diri Lewat Puisi