Indonesia Klaim Kasus Covid-19 Terkendali, Ini Alasannya!

ilustrasi vaksinasi untuk mencegah Covid-19. (Foto: instagram @dinkesjateng_prov).

Kudus, zonanews.id – Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengklaim, kondisi Covid-19 saat ini masih terkendali. Data yang ditampilkan Reisa, terungkap dari jumlah transmisi dalam komunitas atau masyarakat.

Data tersebut, terdapat 20 kasus per-100 ribu penduduk perminggu, dengan jumlah rawat inap kurang dari 5 kasus per-100 ribu penduduk perminggu, dan jumlah kematian kurang dari 1 per-100 ribu penduduk perminggu.

Selain itu, angka positivity rate Covid-19 di Indonesia, meski mengalami kenaikan, namun masih pada standar aman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai kasus yang masih bisa dikendalikan.

Bacaan Lainnya

Angka positivity rate Covid-19 di Indonesia yakni, 2,15 persen, atau lebih kecil dari angka yang ditetapkan WHO di batas 5 persen, sebagai angka pandemi yang terkendali.

Reisa menyebut, kendala yang dihadapi sekarang adalah kemauan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi booster antiCovid-19. Padahal, vaksin bosster berguna untuk meningkatkan memori imun tubuh, supaya bisa mengenali varian baru Covid-19.

Sejauh ini, baru 80,8 persen masyarakat Indonesia melaksanakan vaksinasi dosis lengkap, dari total sasaran 208 juta jiwa. Itu dari angka 71,62 persen yang telah divaksin sesuai target sasaran, ditambah dengan usia 6 tahun ke atas.

Baca :  Jenazah Eril Utuh, Ini Penjelasan Ridwan Kamil