Ini Gologan Listrik yang Dapat Subsidi, Cek!

PLN masih meberikan subsidi listrik untuk golongan tertentu. (instagram @plnup3kudus)

Kudus, zonanews.id – Pemerintah selaku PT PLN Persero melakukan penyesuaian tarif dasar listrik (TDL) bagi golongan mampu. Sementara, subsidi listrik masih dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, kenaikan TDL hanya diberlakukan kepada kelompok masyarakat mampu yaitu pelanggan rumah tangga dengan daya 3.500 Volt Ampere (VA) ke atas.

Sementara, kata dia, untuk pelanggan rumah tangga dengan daya di bawah 3.500 VA, bisnis dan industri, tidak mengalami perubahan tarif.

Bacaan Lainnya

Selain itu, PLN masih melakukan subsidi bagi golongan tertentu, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi yang menyebutkan bahwa, pemerintah dan pemerintah Daerah menyediakan dana subsidi untuk kelompok masyarakat tidak mampu.

Sesuai dengan Pasal 2 ayat 1 Peraturan Menteri ESDM Nomor 29 Tahun 2016, subsidi tarif listrik untuk rumah tangga dilaksanakan melalui PLN diberikan kepada pelanggan rumah tangga dengan daya 450 volt ampere (VA) dan 900 VA masyarakat prasejahtera yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Dengan jumlah pemakaian listrik yang sama, konsumen yang memperoleh tarif bersubsidi akan membayar rekening atau tagihan listrik lebih rendah daripada konsumen yang tidak mendapatkan subsidi.

Selisih antara tarif bersubsidi dengan tarif keekonomian tersebut ditanggung oleh pemerintah, yang kemudian dibayarkan ke PLN.

“Kalau ada bantuan dari pemerintah, filosofisnya harus tepat sasaran dan hanya menyasar kepada keluarga yang berhak menerima bantuan,” kata Darmawan Prasodjo dalam laman resmi PLN, Senin (13/6/2022).

Baca :  Nestapa Penjual Bendera Merah Putih di Pinggir Jalan, Dari Dagangan Sepi Hingga Dibentak Pembeli

Pelanggan yang mendapatkan subsidi listrik adalah: