Jaga Stabilitas, Pertamina Monitor BBM dan LPG Jelang Pemilu di Jawa Tengah dan DIY

Ilustrasi. Pembelian BBM di SPBU. (Istimewa/Pertamina)

KUDUS, ZONANEWS.ID – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah memonitor penyaluran dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) jelang Pemilihan Umum 2024 agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen di Provinsi Jawa Tengah dan DIY.

Hal ini disampaikan Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, Senin, 12 Februari 2024.

“Perantau yang akan kembali ke kampung halaman untuk menggunakan hak pilihnya diprediksi akan memberikan kontribusi kenaikan konsumsi BBM, plus 4 persen untuk produk gasoline dan plus 3 persen untuk produk gasoil dari rata rata konsumsi harian normal,” ungkap Brasto.

Bacaan Lainnya

Rata-rata harian konsumsi normal di wilayah Jawa Tengah dan DIY adalah 12.789 Kiloliter per hari untuk BBM gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) dan 19.455 Kiloliter per hari untuk BBM gasoil (Biosolar dan Dex Series).

Lebih lanjut, Brasto juga menjelaskan bahwa Pertamina terus memastikan dan melakukan monitoring secara rutin agar pasokan serta distribusi BBM dan LPG dalam kondisi aman dan tercukupi.

“Hari Libur saat Pemilu, tentunya akan memberikan peningkatan konsumsi LPG dengan estimasi plus 1,1 persen kenaikan konsumsi LPG di wilayah Jateng dan DIY dari 4.667 metric ton per hari naik menjadi 4.718 metric ton per hari ,” terang Brasto.

Baca :  Polres Kudus Catat Ada 605 Kendaraan Terlibat Kecelakaan pada Januari-Juni 2023