Kebijakan Sekolah Gratis Dinilai Ketua DPRD Kudus Perlu Dievaluasi

Ketua DPRD Kudus, Masan. (NILA)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus Masan menilai kebijakan sekolah gratis perlu dievaluasi. Pernyataan tersebut ada karena melihat infrastruktur di sekolah-sekolah negeri yang gratis tapi tidak diimbangi dengan infrastruktur maksimal.

“Kalau sekolah fix gratis semuanya, artinya termasuk sekolah swasta pun harus gratis begitu. Kalau sekolah swastanya masih bayar, sekolah negeri gratis, itu tidak ada satu keseimbangan,” kata Masan, Jumat 18 Agustus 2023.

Terlebih melihat kondisi di lapangan saat ini, lebih banyak orang tua menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta dan bayar, sebab infrastruktur serta fasilitas yang memadai di sekolah tersebut.

Bacaan Lainnya

Masan menyontohkan, di Kudus, ada sejumlah sekolah negeri yang hanya mendapatkan murid tidak sampai 10 di PPDB tahun ajaran 2023/2024 terakhir. Namun ada sekolah swasta yang sampai menolak siswa.

“Artinya, belum tentu yang gratis itu diminati masyarakat,” ucapnya.

Untuk itu, sekolah negeri yang gratis seluruhnya, diharapkan juga didukung infrastruktur yang maksimal seperti sekolah-sekolah swasta.

“Sekolah gratis seluruhnya harus terpenuhi, sehingga tidak ada persoalan di kemudian hari,” ujarnya.

Baca :  UKM KSR Universitas Muhammadiyah Kudus Gelar Diklatsar Calon Anggota Baru