Ketua DPRD Rencanakan Tiap Desa di Kudus Miliki TPS Terpusat

Ketua DPRD Kudus Masan saat mengunjungi lokasi TPS di Desa Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus pada Rabu, 24 April 2024. (ZONANEWS.ID)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Ketua DPRD Kabupaten Kudus, Masan, mendatangi sejumlah tempat pembuangan sampah (TPS) di wilayah Kabupaten Kudus pada Selasa, 23 April 2024.

Pertama, Masan datang melihat kondisi TPS di Desa Prambatan Lor, kemudian dilanjutkan ke TPS Desa Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu, Kudus.

Usai dari dua lokasi tersebut, Masan berencana akan mengunjungi SMK NU Ma’arif Kudus yang memproduksi alat pengolahan sampah, lalu ke Desa Sidorekso yang memiliki program pengolahan sampah plastik menjadi bahan bakar. Termasuk pusat pengolahan sampah milik PT Djarum.

Bacaan Lainnya

Tujuan kunjungan Masan itu untuk mempelajari secara detail pengelolaan sampah yang ada di Kudus. Terlebih saat ini, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjungrejo Kudus sudah penuh bahkan overload.

“Teknologi yang ada di Pramabatan, di Kedungdowo, SMK Ma’arif, Sidorekso, rencana saya mau jadikan satu secara terpadu, jadi sampah betul-betul selesai di desa,” ujar Masan.

Rencana Masan itu tidak terlepas dari banyaknya sampah di Kudus yang tidak bisa diolah secara maksimal.

Misalnya di Kedungdowo, pengolahan sampah di TPS desa tersebut masih belum sempurna dan membutuhkan banyak hal lain.

Baca :  Tiga Ruas Jalan Rusak di Kudus Ditambal Sementara Pakai LPAS