Ketua DPRD Siapkan Langkah Jitu Ciptakan Kudus Terang Benderang Tanpa Lubang

Ketua DPRD Kabupaten Kudus, Masan. (zONANEWS.ID)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus, Masan, mulai menyiapkan sejumlah taktik jitu menciptakan wilayah Kudus terang benderang tanpa lubang.

Demi mewujudkan itu, menurut Masan, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di wilayah Kabupaten Kudus bagus benar-benar terang tanpa ada yang padam.

Upaya itu pun harus dibarengi dengan pemeliharaan jalan di wilayah Kudus sampai tidak ada yang berlubang.

Bacaan Lainnya

“Ini tentunya dilakukan melalui sistem pelayanan, pelayanan yang akan kita tingkatkan maksimal yang akan kita buat,” ujar Masan usai rapat dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus pada Jumat, 26 April 2024.

Upaya nyata yang dikatakan Masan itu, dijelaskan bahwa penanganan LPJU hingga pemeliharaan jalan akan di pihak ketiga kan.

Terlebih, Masan memiliki rencana, LPJU akan diubah menjadi LPJU smart dengan sistem pihak ketiga melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Tentunya dengan beberapa komitmen perjanjian yang akan disepakati bersama.

Menurut Masan, melalui kerja sama dengan pihak ketiga, tidak akan mempengaruhi pendapatan ke Pemkab Kudus.

Masan membeberkan, pendapatan dari pajak LPJU tahun 2023 totalnya sebesar 64 miliar rupiah. Jumlah yang diterima Pemkab pun masih cukup besar, ketika dikurangi 30 miliar rupiah untuk dibayarkan ke PLN.

“Ini iuran masyarakat, sudah seharusnya dikembalikan dan dinikmati masyarakat dengan fasilitas jalan terang benderang,” ujar Masan.

Baca :  BPBD Kudus Gerak Cepat Bantu Korban Angin Puting Beliung di Glagahwaru