Khawatir Beli Hewan Kurban, Bupati Pati: PMK Tak Menular ke Manusia

Hewan ternak di Desq Pucakwangi, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Kudus. (Istimewa)

PATI, ZONANEWS.ID – Bupati Pati Haryanto menegaskan bahwa penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak tidak akan menular kepada manusia.

Bupati Pati Haryanto pun sudah melakukan sosialisasi kepada camat hingga kepala desa di Pati terkait PMK. Masyarakat Pati diminta untuk tidak perlu takut mengonsumsi daging hewan di tengah wabah PMK.

Bupati Pati Haryanto bahkan sampai menyempatkan sarapan di warung yang menjual daging sapi saat safari salat subuh. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan masyarakat bahkan konsumsi daging sapi yang terpapar tetap aman.

Bacaan Lainnya

“Saya bermaksud memberikan contoh bahwa daging sapi aman dikonsumsi selama pengolahan dan cara memasaknya benar. PMK tidak bisa menular ke manusia. Tidak seperti kasus covid-19, yang ada beberapa kasus hewan juga bisa terpapar,” ungkap Haryanto, Rabu 29 Juni 2022.

Kendati demikian, Haryanto tidak memungkiri masih ada masyarakat yang khawatir dengan adanya PMK yang menyerang hewan ternak. Pihaknya terus menegaskan bahwa PMK di Pati dapat ditangani dan tidak akan menular ke manusia.

“Kita sudah mengumpulkan semua camat dan kepala desa. Untuk memberikan pengertian serta pemahaman kepada masyarakat untuk tidak takut terhadap PMK,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Pati juga bakal tetap membuka pasar hewan menjelang hari raya Idul Adha 1443 H/2022 M ini.

Baca :  Harga Emas di Pegadaian Selasa 19 Juli 2022, Antam Retro Naik