Kudus Catat 1.695 Ibu Hamil KEK, Dinas Kesehatan Perketat Pantauan Masa Kehamilan

Nuryanto Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada DKK Kudus. (ZONANEWS)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Angka ibu hamil dengan Kurang Energi Kronis (KEK) di Kabupaten Kudus mencapat 1.695 orang. Jumlah tersebut tercatat di Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus hingga pertengahan tahun 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat pada DKK Kudus, Nuryanto menyampaikan, penanganan terhadap ibu hamil dengan KEK terus dilakukan dengan berbagai upaya. Salah satunya, dengan pemantaun masa kehamilan.

Pemantauan sendiri dilaksanakan selama enam kali dalam masa kehamilan di puskemas. Kemudian, adapula kegiatan posyandu rutin dengan melakukan pengukuran lingkar lengan tangan atas (LILA) pada ibu hamil.

Bacaan Lainnya

“Dengan pengukuran LILA, itu nanti bisa kelihatan. Ada standar merah, kuning, dan hijau, kalau ukurannya masuk standar kuning ya sudah kita intervensi, apalagi merah,” katanya, Kamis, 10 Agustus 2023.

Lalu, upaya lain yang dilakukan DKK Kudus yaitu dengan memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT), baik PMT Lokal yang dilaksanakan beberapa puskesmas maupun PMT yang sudah disiapkan oleh dinas setempat.

“Tahun ini, PMT Lokal kita mendapatkan BOK (Bantuan Operasional Kesehatan) dari Kementerian (Kesehatan) sebesar Rp 7.838.775.000,” tambahnya.

Baca :  Warga Sidorekso Kudus Protes, Nilai Tes Seleksi Perangkat Desa Tiba-tiba Berubah