Kunjungi Posko Pengungsi, Presiden Jokowi Sampaikan Pemerintah Telah Lakukan Ini Untuk Atasi Banjir Demak

Presiden Jokowi disambut para pengungsi saat kunjungi posko pengungsian banjir SMK Ganesa Demak, Kabupaten Demak, Jumat (22/03/2024) (Foto: istimewa)

DEMAK, ZONANEWS.ID – Kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke lokasi terdampak banji di Demak diawali dengan mengunjungi posko pengungsian warga terdampak banjir di SMK Ganesa Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Jumat (22/03/2024).

Dalam keterangannya usai kunjungan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa sejumlah langkah diperlukan untuk mengatasi banjir yang merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Demak.

Hujan ekstrem yang turun menyebabkan tanggul tidak mampu menampung air dan jebol sehingga menggenangi rumah warga. Namun, saat ini menurut Presiden perbaikan tanggul di daerah tersebut telah dilakukan.

Bacaan Lainnya

“Tapi, tadi malam tanggul yang jebol 16 meteritu, tadi malam jam 1 sudah tertutup, selesai dikerjakan selama empat hari berturut-turut, siang-malam,” kata Presiden.

Tak hanya memperbaiki tanggul, pemerintah juga telah melakukan teknik modifikasi cuaca (TMC) untuk mengurangi curah hujan ekstrem di wilayah Kabupaten Demak dan sekitarnya.

“Kita harapkan, yang kedua, awan di atas juga telah dilakukan TMC, sehingga bisa digeser ke arah laut. Ini juga akan sangat mengurangi hujan yang ada di Kabupaten Demak dan sekitarnya,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga terus melakukan pemompaan untuk mengurangi genangan air. Presiden mengungkapkan, genangan air yang semula mencapai 2 meter telah surut hingga sekitar 50 sentimeter.

Baca :  Asap Tebal Pembakaran Rumput Kering Ganggu Pengguna Jalan Lingkar Selatan Kudus