Larung Sesajen Kepala Kerbau Warnai Tradisi Lomban di Jepara

Kepala kerbau menjadi sesajen utama untuk dilarung di perairan laut Jepara. (ARIFIN ZN)

JEPARA, ZONANEWS.ID- Pesta lomban di Kabupaten Jepara pada hari H+7 Lebaran diprediksi bakal meriah dan dihadiri ribuan wisatawan, Rabu 17 April besok. Berbagai persiapannya telah dilakukan, salah satunya Polres Jepara mengerahkan ratusan personel pengamanan jalannya pesta bahari di Bumi Kartini.

Sebanyak 480 personel gabungan melibatkan Polri/TNI, Dishub, Satpol PP, BPBD, Basarnas dan stakeholder lainnya, disiagakan mengawal jalannya Pesta Lomban.

Pengamanan mulai dari penyembelihan hewan kerbau, ziarah makam leluhur, pertunjukan wayang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujungbatu. Selain itu, pengamanan juga dilakukan di perairan Jepara dan Festival Kupat Lepet di Pantai Kartini.

Bacaan Lainnya

“Kita akan siapkan petugas di titik strategis atau titik kumpul warga,” ujar Kapolres Jepara AKBP Wahyu Dwi Susanto saat ditemui di Mapolres Jepara, Selasa (16/4).

Dalam rangkaian Pesta Lomban di TPI Ujung Batu, yang menjadi penekanan Kapolres Jepara yakni saat prosesi pelarungan sesajen dan kepala kerbau yang diangkut perahu ke tengah laut.

Kapolres Wahyu dengan tegas menghimbau masyarakat atau pengunjung yang menaiki perahu saat mengikuti prosesi pelarungan harus diperhatikan. Yakni melengkapi piranti dan fasilitas keselamatan seperti ban pelampung dan jaket pelampung

“Perhatikan kapasitas kapal dan lengkapi sarana keselamatan seperti life jacket atau pelampung. Serta standar keselamatan kapal atau perahu harus diutamakan,” pungkasnya.

Baca :  Tanamkan Jiwa Wirausaha, SMPN 5 Kudus Adakan Kelas Memasak