Lestarikan Monumen Sejarah, Dinas Pariwisata Kudus Resik-Resik Tugu Identitas

Resik-resik Tugu Identitas di Kabupaten Kudus. (ISTIMEWA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Momentum Hari Kemerdekaan Indonesia dirayakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus dengan melestarikan kembali monumen sejarah yang ada di wilayah setempat.

Kepala Disbudpar Kabupaten Kudus, Mutrikah menyampaikan, untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-68 Republik Indonesia (RI), pihaknya melakukan kegiatan resik-resik di Tugu Identitas, Rabu, 16 Agustus 2023.

Tugu yang berada di Jalan Mayor Basuno turut Desa Getaspejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus terlebih disterilkan kembali dari rumput-rumput liar. Kemudian, dipercantik lagi agar menarik banyak pengunjung.

Bacaan Lainnya

“Memang selama ini tetap kita lestarikan kita jaga kebersihannya dan ini setiap ada rumput yang ada pasti kita bersihkan,” ujarnya, Kamis, 17 Agustus 2023.

Pihaknya mengakui bahwa selama ini pengunjung di Tugu Identitas memang tidak seramai dulu lagi. Salah satu faktornya emang amenitas pariwisata di lokasi terus belum cukup maksimal.

Untuk diketahui, amenitas yang dimaksut adalah fasilitas di luar akomodasi, seperti rumah makan, restoran, toko cinderamata, dan fasilitas umum seperti sarana ibadah, kesehatan, taman, dan lain-lain.

“Kalau ada pengunjung kesitu pasti parkirnya ada di hypermart, jadi sudah pengunjungnya ngga banyak,” tambahnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan kegiatan resik-resik Tugu Identitas, meskipun hanya dilaksanakan dengan pembersihan rumput. Sedangkan untuk kondisi cat tembok masih dirasa bagus.

“Yang dibersihkan hanya rumputnya, untuk pengecatan dan lainnya ini masih agak lumayan, jadi tetap menjaga Tugu Identitas masuh menjadi Tugu Sejarah untuk masyarakat Kudus,” tambahnya.

Baca :  Stok Kantong Darah PMI Kudus Jumat 1 Juli 2022

Lebih lanjut, Mutrikah menyebut bahwa saat ini pengunjung di Tugu Identitas masih minim. Dalam satu bulan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Tugu Identitas rata-rata sekira Rp 60 ribu. Untuk tiket masuknya sendiri Rp 2 ribu – 3 Ribu. ***