Walikota Semarang Segera Bentuk Tim Kendali Pengambilan Air Tanah

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi akan membentuk tik gabungan pengendalian pengambilan air tanah di wilayahnya./Istimewa

SEMARANG, zonanews.id – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi akan membentuk tim gabungan untuk mengendalikan pengambilan air tanah di wilayah tersebut, khususnya di daerah pesisir.

Hendrar menyebut akan menugaskan Satpol PP dan melibatkan kepolisian dalam tim gabungan yang dibentuk tersebut.

Hal itu disampaikannya saat di depan para anggota Dewan Pertimbangan Pembangunan Kota (DP2K), Kamis 2 Juni 2022.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu menerangkan, melalui tim gabungan tersebut nantinya pihak – pihak yang saat ini masih menggunakan air tanah akan didorong untuk beralih menggunakan suplai air dari PDAM Tirta Moedal.

Hal itu ditegaskannya sebagai respon terhadap berbagai masukan pemerhati lingkungan yang menyebut pemakaian air tanah sebagai salah satu faktor yang mempercepat penurunan muka tanah.

“Pemerintah Kota Semarang dalam waktu dekat akan membentuk tim gabungan suplai air bersih dari PDAM, serta provinsi sebagai penegak aturan pemakaian air tanah yang tidak berijin. Kemudian juga ada Satpol PP dan Kepolisian yang akan menyasar di kawasan pesisir,” tutur Hendi.

“Kami ingin suplai air bersih tercukupi dengan baik secara legal. Karena selama ini perusahaan di daerah pesisir tidak memakai PDAM tapi mengambil air tanah secara langsung,” tegas Wali Kota Semarang tersebut.

Baca :  Jadi Langganan Banjir, Ketua DPRD Kudus : Sungai Pendo Akan Dibangun Talut