Lima Tradisi Kupatan di Kudus Ini Akan Ramaikan Lebaran Ketupat Rabu Besok

Tradisi Bulusan di Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kudus. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Lebaran Ketupat yang jatuh pada Rabu, 17 Maret 2024 besok akan dimeriahkan dengan berbagai perayaan tradisi di Kabupaten Kudus. Sedikitnya ada lima tradisi yang akan diselenggarakan di lima desa di Kota Kretek pada esok hari.

Lima tradisi itu yakni, Tradisi Bulusan di Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo. Tradisi Lomban Prau di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo. Tradisi Kupatan di Desa Purworejo, Kecamatan Bae. Tradisi Sewu Kupat di Desa Colo, Kecamatan Dawe. Pasar Sarwono di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan.

Tradisi Bulusan sendiri dipusatkan di Punden Mbah Dudo yang berada di Dukuh Sumber, Desa Hadipolo. Akan ada kirab gunungan ketupat, hasil bumi, jajanan pasar, dan miniatur bulus. Lalu, dilanjutkan dengan prosesi sakral memberi makan bulus.

Bacaan Lainnya

Kemudian, Tradisi Lomban Prau akan diselenggarakan di Wisata Mbalong Sangkal Putung Desa Kesambi. Tahun ini, pemerintah desa (pemdes) setempat juga mengadakan kirab gunungan ketupat, untuk menambah nuansa sakral pada tradisi kupatan di wilayah setempat.

Lalu, Tradisi Kupatan di Desa Purwerojo nantinya akan dipusatkan di area Sendang Jodo. Tradisi yang diselenggarakan tiap Lebaran Ketupat ini akan dimeriahkan dengan acara kirab dan diprediksi akan menyedot perhatian kaum muda-mudi yang ingin mendapatkan jodoh.

Baca :  Dua Orang Sudah Serahkan Berkas Pendaftaran Bacabup Kudus ke Partai Demokrat