Megahnya Puncak Tertinggi Gunung Muria, di Puncak 29 Ada Petilasannya

Petilasan -petilasan Eyang Sang Hyang Wenang, di Camp Area, juga terdapat petilasan Eyang Pand yang berada di Puncak 29 Gunung Muria (Foto: Syim)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Puncak 29 alias Puncak Songolikur merupakan puncak tertinggi di Gunung Muria. Puncak ini terletak pada ketinggian 1.600 mdpl.

Di bagian puncak terdapat sebuah petilasan yang sering dikunjungi para pendaki dan peziarah. Petilasan itu bernama petilasan Petilasan Eyang Sang Hyang Wenang. Sementara di Camp Area, juga ada petilasan Eyang Pandu.

Ada banyak hal menarik yang ada di puncak 29. Tak heran banyak pendaki yang memilih puncak ini sebagai tempat favorit mendaki di Gunung Muria.

Bacaan Lainnya

Selain jalurnya yang cukup mudah dan bahkan bisa dilewati dengan ojek, pemandangannya juga bagus. Dua jalur yang biasa dipilih pendaki, jalur Trenggo dan Jalur Sendang Bunton. Untuk sampai di puncak, pendaki harus melewati sebanyak 6 pos.

Hasib Wizda Azzahid, mahasiswa Kudus yang kebetulan mendaki menceritakan kesannya selama mendaki di puncak 29. Ia mengatakan, bulan Agustus ini memang sedang ramai-ramainya pendaki. Selain masih dalan suasana bulan Muharram, juga menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pemandangan dari atas Puncak 29 Gunung Muria Kudus (Foto: Syim)

“Kemarin lumayan banyak juga yang ikut muncak, ada dari luar daerah seperti Purbalingga, Semarang, Rembang, Bekasi dan sebagainya. Kami sempet ngobrol-ngobrol juga,” ungkap Hasib kepala Zonanews baru-baru ini.

Baca :  396 Orang Anggota PPS Kudus Dilantik, Bupati Sebut Tak Ada Titipan