Mengenal Tiyo Ardianto, Finalis Duta Bahasa Jawa Tengah 2022 Asal Kudus

Tyo Ardianto, Predikat Pemenang Ke-2 Duta Bahasa Jawa Tengah 2022 (Foto : Istimewa)

Kudus, zonanews.id – Mahasiswa Fakultas Filsafat UGM asal Kudus, Tiyo Ardianto (19 tahun) terpilih menjadi finalis Duta Bahasa Jawa Tengah 2022.

Tiyo mengaku, ia sudah sejak satu tahun lalu sudah diberi amanah dari penyair Mukti Sutarman Espe untuk turut dalam ajang Duta Bahasa Jawa Tengah.

“Tapi, waktu itu, usia saya masih 17, jadi, belum boleh. Ketika tahu pendaftaran tahun ini dibuka, saya segera saja menyiapkan apa yang diperlukan untuk mendaftar,” terang Tiyo.

Bacaan Lainnya

Pendaftaran Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah Tahun 2022 resmi dibuka sejak 31 Januari 2022. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah itu bertujuan mencari tunas muda terbaik Jawa Tengah yang memiliki kecintaan, kepedulian, dan kebanggaan terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

Tiyo mengatakan alasannya memilih maju yaitu karena kegemarannya bertemu dengan orang-orang baru. Serta, untuk mencari teman yang memiliki visi dan misi sepaham dalam dunia literasi.

“Terutama yang memiliki dedikasi tinggi dalam karir, renjana, saujana, dan sebagainya. Atau, minimal aku tahu dengan mengikuti ini aku akan memantaskan diri dan itu berarti suatu perkembangan personal,” imbuhnya.

Baca :  Berwisata di Air Terjun Montel Kudus, Suasana Khas Alam yang Masih Terjaga Keasriannya