Meriah, Ribuan Warga Banjiri Kirab Jenang Tebokan di Desa Kaliputu Kudus

Kirab Jenang Tebokan di Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus pada Minggu, 7 Juli 2024. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Ribuan warga antusias meramaikan penyelenggaran Tradisi Kirab Jenang Tebokan di Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Minggu, 7 Juli 2024 siang tadi.

Tradisi yang rutin digelar setiap tanggal 1 Suro pada penanggala jawa atau 1 Muharrom pada penanggalan hijriyah ini, digelar secara meriah dengan melibatkan 20 peserta kirab.

“Peserta kirab sebanyak 20-an, yang 18 peserta kirab diantaranya merupakan perwakilan dari RT. Minimal menghadirkan 5 jenang tebokan,” kata Kelapa Desa Kaliputu, Widyo Pramono.

Bacaan Lainnya

Kirab Jenang Tebokan diinisasi oleh paguyuban pengusaha jenang di Desa Kaliputu. Tradisi ini telah digelar sejak 12 tahun yang lalu. Hingga saat ini, ada sekira 22 pengusaha jenang di desa setempat.

“Dulu ada 28 pengusaha jenang, tapi karena ada covid-19, sekarang berkurang menjadi sekitar 22 pengusaha jenang,” tambahnya.

Ketua Panitia Kirab Jenang Tebokan, Supriyono menambahkan, para peserta kirab mengarak jenang tebokan dengan jarak sejauh 1,5 kilometer. Dimana, finish kirab ada di Balai Desa Kaliputu.

Pada kirab kali ini, akan dilakukan penilaian terhadap peserta. Adapun penilaiannya berdasarkan kreativitas peserta, kostum, penampilan pentas seni, hingga jumlah peserta.

“Ini (Kirab Jenang Tebokan) sebagai wujud syukur sekaligus ajang promosi agar jenang Kaliputu semakin dikenal oleh masyarakat luas,” tambahnya.

Baca :  Masih Berlanjut, Kuasa Hukum Ponpes Kasus Santri Tangan Melepuh di Kudus Upayakan RJ