Momen HUT Kemerdekaan, Universitas Muria Kudus Apresiasi Ratusan Mahasiswa Berprestasi

Penyerahan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi di UMK. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI) di Universitas Muria Kudus (UMK) diwarnai dengan kebanggaan dan apresiasi atas segudang prestasi yang diraih oleh ratusan mahasiswa di kampus setempat.

Usai melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan, Rektor UMK Darsono secara langsung menyerahkan apresiasi kepada ratusan mahasiswa yang berhasil menorehkan gemilang mulai awal Tahun 2023 ini.

Rektor UMK Darsono mengungkapkan kebanggannya kepada mahasiswa yang telah mengharumkan nama kampus di tingkat nasional maupun internasional. Ini menjadi bukti adanya pertumbuhan prestasi setiap tahunnya.

Bacaan Lainnya

“Di momen HUT Kemerdekaan ini, alhamdulillah UMK banyak memanen prestasi, tidak hanya nasional tapi intetnasional. Ini merupakan bukti mahasiswa UMK potensinya luar biasa,” ujarnya, Kamis, 17 Agustus 2023.

Total, UMK memberikan 135 apresiasi dan penghargaan kepada total 280 mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan (Ormawa) atas dedikasi dan prestasi yang telah mereka torehkan.

“Apresiasi yang kita berikan ada 3 hal, ini untuk memacu agar lebih semangat berprestasi lagi, ada piagam uang pembinaan, recognisi dalam MBKM,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan, selain jalur masuk mahasiswa berprestasi, UMK kini juga telah mengembangkan kerjasamanya dengan klub yang menaungi mahasiswa berprestasi.

“Sekarang juga kita kembangkan namanya beasiswa kerjasama antarlembaga, artinya klub-klub yang akan menguliahkan atlet-atlet mereka ke UMK, kita juga akan melayani itu,” tegasnya.

Warek III UMK Sugeng Slamet menambahkan pembinaan terhadap potensi mahasiswa terus dilakukan, baik yang nasional maupun internasional. Meliputi bidang kesenian, olahraga, penalaran, wirausaha, hingga pelestarian lingkungan.

Baca :  Ciptakan Lingkungan Bersih dan Asri, 57 Sekolah di Kudus Sudah Berstatus Sekolah Adiwiyata

“Kita berikan apreasi bagi mahasiswa yang berprestasi untuk mendorong dan mengapresiasi kinerja positif dari mahasiswa, di dalam upaya untuk membangun kemajuan prestasi mahasiswa,” tambahnya.

Terkait pemberian apresiasi, Wakil Rektor III menegaskan, hal itu guna mendorong agar mahasiswa yang sudah berprestasi untuk dapat melanjutkan prestasinya. Serta untuk memotivasi mahasiswa lain agar tidak kalah untuk turut merorehkan prestasinya di UMK.

“Dan di satu sisi juga kita ingin memberikan presiasi kepada kinerja-kinerja positif dari mahasiswa dalam upayanya membangun kemajuan UMK,” pungkasnya. ***