Ngobrol Pendidikan Islam di Kudus, Kemenag Bersama DPR RI Bahas UU Pesantren

Kegiatan bertajuk Ngobrol Pendidikan Islam yang diselenggarakan Kemenag Kudus dan dihadiri anggota DPR RI membahas terkait UU pesantren. (NILA)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Kegiatan bertajuk Ngobrol Pendidikan Islam (NGOPI) yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus, dihadiri oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Komisi VIII Abdul Wachid, Selasa 22 Agustus 2023.

Bertempat di Hotel @Hom Kudus, kegiatan tersebut difokuskan untuk emmbahs terkait Undang-Undang (UU) nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren. Termasuk peraturan presiden (Perpres) nomor 82 tahun 2021 terkait pendanaan penyelenggaraan pondok pesantren.

Kepala Seksi (Kasi) Pondok Pesantren pada Kemenag Kudus, Sulthon mengungkapkan, UU tentang Pesantren sangat diharapkan penyelenggara ponpes dari dulu.

Bacaan Lainnya

Sehingga melalui kegiatan NGOPI ini bisa mengakomodir seluruh penyelenggara Ponpes di Kabupaten Kudus.

“Undang-undang ini sangat diharapkan bagi penyelenggara Ponpes yang dari dulu keberadaannya, mungkin pengakuannya dalam undang-undang masih terbatas. Jadi diharapkan melalui kegiatan ini, bisa memunculkan dan bisa mengakomodir seluruh penyelenggara Ponpes di Kabupaten Kudus,” ungkap Sulthon selepas kegiatan, Selasa 22 Agustus 2023.

Lebih lanjut Sulthon mengatakan, meskipun Kudus kabupaten paling kecil wilayahnya di Jawa Tengah, namun Kudus memiliki sekitar 190 Ponpes yang terdaftar resmi di Kemenag Kudus.

Baca :  Akhiri Babak 16 Besar Liga 3 Nasional, Persiku Kalah 1-0 Lawan NZR Sumbersari