Panen Raya, Produksi Gula Tumbu di Kandangmas Stabil

Sejumlah pelaku usaha pembuatan gula tumbu saat sedang memasak tebu menjadi gula di rumah produksinya di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. (Foto: Syim)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Memasuki bulan Agustus, perkebunan tebu di Desa Kandangmas, Dawe Kudus tengah mengalami panen raya. Momen ini biasa dimanfaatkan para pengusaha gula untuk memproduksi gula tumbu.

Sebagai informasi, gula tumbu merupakan gula merah yang dibuat dari sari tebu. Gula tumbu menjadi produk unggulan Desa Kandangmas selama bertahun-tahun. Penamaan gula tumbu sendiri diketahui karena gula yang dimasak dituangkan di atas tumbu atau tombong.

Khoirul Anaf, pemilik usaha gula tumbu di Dukuh Sekandang menjelaskan bahwa saat ini sedang memasuki musim panen. Berton-ton tebu dipanen untuk diproduksi menjadi gula tumbu.

Bacaan Lainnya

Untuk memproduksi gula tumbu jadi, pabriknya membutuhkan waktu sekitar 7-8 hari supaya tumbu penuh fengan gula. Dengan waktu tersebut, sebanyak 24 tumbu sudah penuh dengan gula merah.

“Setiap tumbu sekitar 170 kilogram, jadi tinggal dikali saja. Dalam sehari, kita bisa membuat 3-4 lapis tuangan untuk puluhan tumbu ini,” ujar Irul di pabriknya, Rabu 2 Agustus 2023.

Pelaku usaha gula tumbu di Desa Kandangmas, Dawe, Kudus saat ini sedang mengalami panen raya dengan harga stabil (Foto: Syim)
Baca :  Segini Budget untuk Konversi Sepeda Motor Listrik di SMK Bhakti Kudus