Pemkab Komitmen Naikkan Bantuan Biaya Kematian Bagi Warga Kurang Mampu di Kudus

Bupati Kudus HM Hartopo ketika menyampaikan sambutannya saat menyerahkan bantuan sosial biaya pemakaman bagi warga kurang mampu di Kabupaten Kudus, Rabu 26 Juli 2023.

KUDUS, ZONANEWS.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus berkomitemen meningkatkan bantuan biaya kematian bagi warga kurang mampu. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Kudus HM Hartopo saat menyerahkan bantuan sosial biaya pemakaman di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu 26 Juli 2023.

Hartopo mengungkapkan, santunan diberikan untuk mengurangi beban masyarakat kurang mampu dalam membiayai proses pemakaman.

“Kami mengerti prosesi pemakaman membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Semoga bantuan yang kami berikan dapat mengurangi beban bagi keluarga,” kata Hartopo.

Bacaan Lainnya

Pihaknya menjelaskan bantuan sebesar satu juta rupiah memang dirasa belum cukup untuk menutup biaya pemakaman. Oleh karena itu, pihaknya berencana meningkatkan bantuan biaya pemakaman tahun depan. Utamanya saat tidak ada refocusing APBD.

“Insyaallah, bantuan santunan kematian akan kami tingkatkan. Semoga tahun depan tidak ada refocusing anggaran karena pandemi sudah dicabut. Sehingga APBD lebih mencukupi,” terangnya.

Bupati mendorong agar budaya gotong royong saat pemakaman jenazah dalam masyarakat desa tetap lestari. Sehingga, tidak membebani ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan.

Baca :  Jawaban Atas Keluhan Masyarakat, PUPR Mulai Perbaiki Jalan Boulevard Kudus