Penjaga SD di Kudus Minta Dibukakan Masuk Dapodik, Ini Jawaban Dinas Pendidikan

Sekretaris Dinas Pendididikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Zubaedi, (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Penjaga Sekolah Dasar (SD) yang tergabung dalam Paguyuban Penjaga SD di Kabupaten Kudus meminta agar dibukakan kembali Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk mereka.

Untuk diketahui, salah satu fungsi Dapodik yakni untuk melakukan pengajuan seperti verval data, Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Yang mana, menjadi salah satu syarat Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Pendididikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Zubaedi menyebut, pihaknya akan mengupayakan permintaan penjaga SD tersebut terpenuhi.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, penjaga sekolah merupakan bagian dari tenaga kependidikan di sekolah, layaknya petugas Tata Usaha (TU) atau petugas perpustakaan. Sehingga, permintaan untuk dibukakan Dapodik akan diupayakan.

“Karena memang Dapodik, semua yang ada di sekolah juga di Dapodik, termasuk tenaga pendidikan kan guru, dan non kependidikan ada TU ada penjaga itu kan berhak masuk dapodik,” katanya, Rabu, 23 Agustus 2023.

Menurutnya, berdasarkan aturan dari Kementerian Pendidikan yang berlaku, tenaga kependidikan yang belum masuk Dapodik, bisa untuk dimasukkan, termasuk penjaga SD. Sehingga, hal itu bisa memungkinkan.

Sementara untuk tuntutan agar dibukakan formasi PPPK, pihaknya belum bisa mengupayakan banyak. Ini mengingat, belum ada formasi yang dibuka untuk penjaga sekolah di Kabupaten Kudus.

Baca :  Jaga Keutuhan NKRI, Bupati Kudus : Terapkan Nilai Pancasila