Petugas Operator dari 24 SMP di Kudus Ikuti Pelatihan Teknis Jelang Pembukaan PPDB Online

Pelatihan Teknis Operator PPDB Online jenjang SMP di Gedung PBG Kudus. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Operator 24 SMP di bawah naungan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus mengikuti pelatihan teknis operator PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Online di Gedung Pusat Belajar Guru (PBG) Kudus, Rabu, 19 Juni 2024.

Total ada 48 peserta yang ikut dalam pelatihan ini. Di mana masing-masing sekolah mengirim dua operator, untuk dibekali mekanisme pelaksanaan PPDB, dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Sosial.

“Idealnya sekolah menyediakan lima orang untuk pelaksanaan PPDB online, tapi tergantung dari sekolahnya. Ini kita latih 2 orang, mereka yang akan bertanggungjawab memberikan informasi kepada timnya di sekolah,” ujar Kabid Pendidikan Dasar pada Disdikpora Kudus, Anggun Nugraha.

Bacaan Lainnya

Para operator, lanjut Anggun, dibekali pemahaman dari Disdukcapil mengenai sistem Kartu Keluarga yang menjadi salah satu persyaratan mendaftar PPDB, terkhusus dalam jalur zonasi. Sementara Dinsos, diganting terkait pendaftaran calon peserta didik melalui sistem afirmasi.

“Nanti proses verifikasi KK (kartu keluarga) ketika ada keraguan dari pihak sekolah maka akan diinfokan ke Capil untuk dicek, terutama terkait dengan KK diterbitkan kapan, verifikasinya di Capil,” terangnya.

Baca :  Warga Kudus Serbu Pasar Murah, Tebus Paket Sembako dengan Harga Rp 40 Ribu