Pj Bupati Cek Langsung Kondisi TPA Tanjungrejo, Sejumlah Masalah Ditemukan

Pj Bupati Kudus Muhammad Hasan Chabibie didsmpingi Kepala Dinas PKPLH, Sekda Kudus, hingga Kepala Dinas PUPR saat mengecek kondisi TPA Tangjungrejo secara langsung pada Senin, 22 April 2024. (NILA)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Usai mendapat kritik keras dari Komisi C DPRD Kudus, Penjabat (Pj) Bupati Kudus Muhammad Hasan Chabibie langsung mengecek kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kudus pada Senin, 22 April 2024.

Dalam sidaknya pagi ini, Pj Bupati menemukan sejumlah masalah yang menyebabkan sampah di TPA Tanjungrejo mulai tidak terkondisikan.

Dari hasil diskusinya bersama penanggung jawab TPA, Kepala Dinas PKPLH, Sekretaris Daerah, hingga Dinas PUPR, diketahui bahwa masalah utama TPA Tanjungrejo adalah volume sampah yang luar biasa.

Bacaan Lainnya

Terlebih pascalebaran, volume sampah meningkat luar biasa. Sampah-sampah yang belum terpilah, semuanya dibuang ke TPA.

Masalah kedua adalah terkait alat berat yang biasa digunakan untuk mengatur volume sampah agar lebih tertata sedang mengalami kerusakan.

“Sebab itu, segera hari ini kami minta Dinas PUPR untuk mengirimkan excavator yang dimiliki ke sini, untuk membantu mendorong, merapikan sampah yang bercecer di pinggir ke area tengah, sehingga sampah baru mempunyai space yang maksimal,” ujar Hasan.

Selain mengandalkan bantuan dari Dinas PUPR, Pemkab Kudus juga akan segera mengajukan pengadaan alat berat untuk pengelolaan sampah dalam APBD Perubahan tahun 2024 mendatang.

Harapannya, DPRD Kudus menyetujui rencana tersebut. Dengan begitu, alat-alat berat yang lama dapat diperbaiki dan alat baru bisa bermanfaat untuk mempercepat proses pengaturan sampah-sampah yang masuk ke TPA.

“Rencananya total anggaran sekitar 6 miliar rupiah untuk pengadaan dua alat baru berupa excavator dan buldoser, segara akan kita usulkan, semoga direspon positif oleh DPRD,” kata Hasan Chabibie.

Baca :  Alumni Pelatihan BLK Kudus Banyak Direkrut Perusahaan Besar