Polemik TPA Tanjungrejo Overload, Sejumlah Area Pasar di Kudus Kena Imbas Tumpukan Sampah

Kondisi sampah di Pasar Bitingan Kudus. (YM)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Sejumlah pasar di Kabupaten Kudus ikut terkena imbas dari kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjungrejo di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus yang mengalami overload atau kelebihan muatan sampah.

Hal ini menyebabkan, sampah yang berada di sejumlah area pasar menumpuk lantaran alotnya pengangkutan sampah oleh petugas.

“Idealnya itu setiap hari harus diangkut, kalau bisa tiga kali sehari. Tapi kondisi saat ini nyatanya bisa tiga sampai empat kali baru diangkut. Jadinya sampah di pasar ya menumpuk,” ujar Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Imam Andi Santosa, Selasa, 2 Juli 2024.

Bacaan Lainnya

Kondisi tersebut lebih diperparah lagi, lantaran warga sekitar yang ikut membuang sampahnya di area pasar. Sehingga, tumpukan sampah yang ada tidak bisa bersih tuntas dan terus berlarut-larut tanpa ada solusi.

“Seperti di Pasar Kliwon itu, area sekitarnya seperti Nganguk, Mlati Lor buangnya di Pasar Kliwon. Pasar Mijen, Pasar Bitingan juga sama. Jadinya terjadi tumpukan sampah,” tambahnya.

Baca :  Pengerjaan Talud di Dukuhwaringin Kudus Dihentikan Sementara Untuk Dievaluasi