Polisi Kudus Ikuti Pelatihan Pencegahan dan Pertolongan Pertama saat Kebakaran

Anggota Polres Kudus mengikuti pelatihan pemadaman api. (FOTO : ISTIMEWA)

KUDUS, ZONANEWS.IDPolres Kudus bekerja sama dengan PT. Pura menyelenggarakan pelatihan pencegahan dan pertolongan pertama saat terjadi kebakaran. Kegiatan tersebut digelar di Lapangan Apel Wicaksana Laghawa Polres Kudus, Kamis (31/8/2023).

Kegiatan yang diikuti ratusan anggota Polres dan Polsek jajaran tersebut bertujuan untuk mengantisipasi pencegahan dan melakukan pertolongan pertama bila terjadi kebakaran, terutama ketika musim kemarau.

Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto menuturkan, kegiatan yang dilakukan yakni pelatihan dasar sekaligus praktik memadamkan api ini menyusul cuaca ekstrem dampak dari fenomena El Nino yang terjadi sekarang.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, setelah anggotanya dilatih cara menangani api, pihaknya dapat ikut membantu masyarakat terutama dalam pencegahan dan melakukan pertolongan pertama di saat terjadi kebakaran.

“Para personel yang mendapatkan Diklatsar (pendidikan dan pelatihan dasar) memadamkan api menggunakan alat pemadaman api ringan (Apar) dan menggunakan kain/karung goni. Dalam praktik ini mereka dilatih agar mahir mengatasi kebakaran serta pencegahannya,” kata AKBP Dydit Dwi Susanto saat memantau langsung pelatihan Diklatsar.

Baca :  Kebakaran Trafo Listrik di SMA N 1 Kudus, Cepat Padam dan Tak Ada Korban